ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS PENYADAP KARET RAKYAT DI DESA ARGA INDAH 1 KECAMATAN PAGAR JATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Sandi, Afrianto and Redy, Badrudin and Nyayu, Neti Arianti (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS PENYADAP KARET RAKYAT DI DESA ARGA INDAH 1 KECAMATAN PAGAR JATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi fix cetak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Arga Indah 1 Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini di mulai 17 Mei 2021 dan selesai pada 18 Juni 2021. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Desa Arga Indah 1 Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah meruapak desa yang masyarakatnya masih berprofesi sebagai petani karet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisi produktivitas penyadap karet dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas penyadap karet di Desa Arga Indah 1 Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif maupun kuantitatif dimana data primer merupakan data yang diperoleh di lapangan hasil wawancara serta pengisian kuisioner yang dilakukan oleh peneliti yang dijawab oleh masyarakat Desa Arga Indah 1 Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. Responden dalam penelitian ini ditentukan secara sensus terhadap penyadap karet berjumlah 57 penyadap karet dan semua populasidiambil sebagai responden. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa produktivitas penyadap karet di Desa Arga Indah 1 Kecamtan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah menunjukkan bahwa produktivitas penyadap karet tergolong cukup baik diamana rata-rata hasil sadapan 116 Kg/Minggu dengan rata-rata produktivitas penyadap karet sebesar 4 Kg/Jam. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas penyadap karet rakyat di Desa Arga Indah 1 Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah adalah pengalaman kerja dan luas lahan. Kata kunci : Produktivitas, Usaha Tani, Penyadap Karet.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:01
Last Modified: 29 Aug 2023 03:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14959

Actions (login required)

View Item View Item