PERTUMBUHAN BIBIT PINANG BETARA (Areca catechu L.) PADA BEBERAPA KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK HAYATI BERBEDA

Andrianta, Ginting and Yulian, Yulian and Supanjani, Supanjani (2021) PERTUMBUHAN BIBIT PINANG BETARA (Areca catechu L.) PADA BEBERAPA KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK HAYATI BERBEDA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Andrianta Ginting (E1J017059).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pinang (Areca catechu L.) merupakan salah satu produk perkebunan yang dihasilkan di Pulau Sumatera dan tanaman pinang termasuk komoditas ekspor beberapa Provinsi di Sumatera. Salah satu upaya dalam mendukung pengembangan dan peningkatan produksi pinang betara adalah dengan menjamin ketersediaan bibit unggul yang bermutu, dengan cara melakukan kegiatan pembibitan. Pembibitan merupakan usaha yang bisa dilakukan untuk memperoleh bibit yang bermutu, berkualitas serta bebas dari hama dan penyakit dan siap untuk ditanam. Penelitian ditujukan untuk mengetahui respon pertumbuhan bibit Pinang Betara pada beberapa Komposisi Media Tanam dan Konsentrasi Pupuk Hayati. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai Februari 2021 yang bertempat di Sukamerindu, Sungai Serut, Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 faktor dan 4 ulangan. Faktor pertama komposisi media tanam yaitu perbandingan tanah dan TKKS (M) terdiri dari lima taraf yaitu M0= 3:0 (Kontrol), M1= 2:1, M2= 1:1, M3= 1:2, M4= 0:3. Faktor kedua konsentrasi pupuk hayati (P) terdiri dari empat taraf yaitu P1= 0 ml/L, P2= 10 ml/L, P3= 20 ml/L, P4= 30 ml/L. Berdasarkan hasil penelitian tidak terdapat interaksi komposisi media tanam dan konsentrasi pupuk hayati terhadap seluruh variabel pengamatan pada umur 12 MST. Perlakuan komposisi media tanah dan kompos TKKS (1:1) mampu meningkatkan pertumbuhan bibit pinang betara pada tinggi batang dan diameter pangkal batang 12 MST. Perlakuan konsentrasi pupuk hayati secara tidak nyata menghasilkan pertumbuhan bibit pinang betara lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:51
Last Modified: 29 Aug 2023 03:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14979

Actions (login required)

View Item View Item