RESPON PERTUMBUHAN STEK NILAM (Pogostemon cablin Benth.) AKIBAT PEMBERIAN BERBAGAI KONSENTRASI AIRKELAPA DAN JENIS BAHAN STEK

Candra, Dones Berutu and Entang, Inoriah Sukarjo and Fahrurrozi, Fahrurrozi (2021) RESPON PERTUMBUHAN STEK NILAM (Pogostemon cablin Benth.) AKIBAT PEMBERIAN BERBAGAI KONSENTRASI AIRKELAPA DAN JENIS BAHAN STEK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI_CANDRA D. BERUTU_E1J017011.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth.) merupakan salah satu penghasil minyak atsiri. Produktivitas nilam mengalami penurunan, rendahnya produktivitas minyak atsiri nilam disebabkan oleh teknologi budidaya yang masih rendah. Pembibitan tanaman nilam sangat perlu dilakukan, karena jika ditanam langsung di lapangan memiliki tingkat kematian yang tinggi dan pertumbuhan tidak seragam bahkan terjadi perlambatan pertumbuhan. Perbanyakan tanaman dengan stek batang dapat berasal dari ujung, tengah dan pangkal batang namun pertumbuhannya dapat berbeda karena masing-masing bagian tanaman memiliki kandungan hormon auksin yang berbeda. Pemacuan pertumbuhan stek nilam dapat dilakukan dengan pengaplikasian zat pengatur tumbuh seperti air kelapa. Air kelapa mengandung hormon auksin, sitokinin dan sedikit giberelin serta senyawa lain yang dapat menstimulus perkecambahan dan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi terbaik antara pemberian konsentrasi air kelapa dengan jenis bahan stek, mendapatkan konsentrasi air kelapa yang terbaik sebagai zat pengatur tumbuh stek nilam dan mendapatkan jenis bahan stek terbaik untuk bahan tanam nilam. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2020 hingga Maret 2021 yang bertempat di Kandang Limun, Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama yaitu konsentrasi air kelapa yang terdiri dari 5 taraf yaitu: 0%, 25%, 50%, 75% dan 100%. Faktor kedua adalah jenis bahan stek yang terdiri dari 3 taraf yaitu: Pucuk, Tengah dan Pangkal. Hasil penelitian menunjukkan interaksi terbaik terhadap jumlah tunas, jumlah daun, kehijauan daun dan persentase stek hidup pada perlakuan tanpa air kelapa dan jenis bahan stek bagian pucuk. Tanpa menggunakan air kelapa mampu menghasilkan jumlah tunas dan panjang akar terbaik. Jenis bahan stek bagian pucuk menghasilkan variabel jumlah tunas, kehijauan daun dan jumlah akar terbaik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:01
Last Modified: 29 Aug 2023 04:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14983

Actions (login required)

View Item View Item