REPRESENTASI WANITA DALAM IKLAN KOPI SUSU YA! VERSI JULIA PEREZ

Anggraini, Rilisti and Heri, Sunaryanto and Dwi, Aji Budiman (2012) REPRESENTASI WANITA DALAM IKLAN KOPI SUSU YA! VERSI JULIA PEREZ. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Rilisti Anggraini (D1E007016)-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi wanita dalam iklan Kopi Susu Ya! Versi Julia Perez. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode analisis semiotika Roland Barthes sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ideologi patriarki yang dikontruksikan dalam iklan Kopi Susu Ya versi Julia Perez melalui adegan- adegan dan visualisasi gambar. Penggunaan dan penggambaran yang dipaparkan iklan Kopi Susu Ya merupakan realitas mengenai kesetaraan perempuan dan laki- laki. Perempuan masih terbentuk dari kontruksi laki-laki sehingga definisi perempuan dibentuk dalam perspektif laki-laki. Patriarki mengkontruksikan identitas perempuan ideal adalah perempuan yang cantik, berkulit putih mulus, bertubuh langsing, seksi, sensual, berpayudara besar, bokong besar serta memiliki rambut lurus dan indah. Sehingga perempuan yang diluar definisi identitas ini dianggap perempuan yang tidak ideal dan tidak dilirik kebanyakan laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Nov 2013 07:36
Last Modified: 17 Nov 2013 07:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item