PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN ANGGREK Dendrobium sp. PADA TAHAP AKLIMATISASI

Tiara, Khemisesa and Marlin, Marlin and Dwi, Wahyuni Ganefianti (2021) PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN ANGGREK Dendrobium sp. PADA TAHAP AKLIMATISASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI-TIARAKHEMISESA-E1J017019.1 (Autosaved).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Aklimatisasi merupakan proses penting pada transplantasi planlet dari fase in vitro ke ex vitro. Proses aklimatisasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pertumbuhan tanaman anggrek Dendrobium sp. Dalam proses aklimatisasi pemberian pupuk organik cair dapat memacu pertumbuhan tanaman anggrek Dendrobium sp. Tujuan penelitian ini adalah (1) menentukan pengaruh interaksi antara konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk organik cair dalam pertumbuhan anggrek Dendrobium sp. (2) menentukan konsentrasi pupuk organik cair yang optimal untuk pertumbuhan anggrek Dendrobium sp. pada tahap aklimatisasi. (3) menentukan frekuensi pemberian pupuk organik cair yang optimal dalam meningkatkan pertumbuhan anggrek Dendrobium sp. pada tahap aklimatisasi. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Februari 2021 sampai Mei 2021 di Rumah Kawat, Laboratorium Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Faktor pertama konsentrasi pupuk organik cair yang terdiri dari 4 taraf yaitu 0 ml/L, 1 ml/L, 2 ml/L dan 3 ml/L. Faktor kedua frekuensi pemberian pupuk organik cair yang terdiri dari 3 taraf yaitu 2, 3 dan 4 hari sekali. Dari dua faktor perlakuan dihasilkan 12 kombinasi perlakuan, yang diulang sebanyak 3 kali menjadi 36 satuan percobaan. Masing-masing satuan percobaan terdiri dari 3 planlet dan total keseluruhannya 108 planlet anggrek Dendrobium sp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertambahan tinggi tanaman dan panjang daun anggrek tertinggi dihasilkan dari pemberian pupuk organik cair dengan konsentrasi 1 ml/L dua kali sehari atau konsentrasi 2 ml/L empat kali sehari. Konsentrasi pupuk organik cair memberikan pengaruh signifikan pada variabel lebar daun, jumlah akar dan panjang akar, dengan konsentrasi 2 ml/L menunjukkan pertumbuhan yang optimal. Frekuensi pemberian pupuk organik cair memberikan pengaruh signifikan pada variabel lebar daun dan jumlah anakan dengan pemupukan setiap 2 hari sekali memberikan pertumbuhan yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:26
Last Modified: 29 Aug 2023 07:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15034

Actions (login required)

View Item View Item