PENYELESAIAN SENGKETA PERKAWINAN ANTAR WARGA SEKAUM MENURUT HUKUM ADAT KAUM DI KECAMATAN TERAMANG JAYA KABUPATEN MUKOMUKO

SANDY, PRANATA and Hamdani, Ma’akir and Andry, Harijanto (2022) PENYELESAIAN SENGKETA PERKAWINAN ANTAR WARGA SEKAUM MENURUT HUKUM ADAT KAUM DI KECAMATAN TERAMANG JAYA KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Sandy OK yes.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan menggambarkan penyebab perkawinan antar warga sekaum sebagai pelanggaran adat menurut Hukum Adat Kaum di Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko; (2) untuk mengetahui dan menggambarkan proses penyelesaian sengketa perkawinan antar warga sekaum menurut Hukum Adat Kaum di Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan penelitian hukum empiris menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahwa larangan pernikahan sekaum adat untuk menjaga tingkat religiusitas masyarakat, memperkuat identitas adat Kaum dan meningkatkan kesadaran menjaga nama baik masyarakat adat Kaum di Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko. Pernikahan sekaum masih terjadi, disebabkan masih lemahnya pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai luhur adat kaum dan longgarnya sanksi adat yang dikenakan terhadap pelanggar pernikahan sekaum. (2) bahwa terjadinya perbedaan tahapan penyelesaian sengketa pernikahan sekaum karena belum terkoordinasi dalam menerapkan norma Hukum Adat Kaum antara pengurus lembaga adat antar desa. Sanksi adat yang dijatuhkan memiliki kesesuaian yaitu memberikan satu ekor kambing dan uang denda satu juta rupiah yang seluruhnya akan digunakan untuk proses ritual do’a bersama. Sanksi adat masih lemah, sehingga masih terjadi pelanggaran, pernikahan sekaum identik dengan pernikahan satu kerabat yang merupakan pelanggaran berat berdasarkan aturan norma adat kaum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:56
Last Modified: 29 Aug 2023 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15057

Actions (login required)

View Item View Item