ANALISIS AKUSTIK TARGET STRENGTH PENYU HIJAU (Chelonia mydas) MELALUI PENGUKURAN SECARA TERKONTROL PADA FREKUENSI 200 KHz

Teddy, Julyansyah and Deddy, Bakhtiar and Ari, Anggoro (2021) ANALISIS AKUSTIK TARGET STRENGTH PENYU HIJAU (Chelonia mydas) MELALUI PENGUKURAN SECARA TERKONTROL PADA FREKUENSI 200 KHz. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRISI_TEDDY_JULYANSYAH-1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penyu merupakan reptil yang hidup di laut serta mampu bermigrasi dalam jarak yang jauh di sepanjang kawasan Samudera Hindia, Samudra Pasifik dan Asia Tenggara. Saat ini jumlah populasi penyu di alam sudah sangat menurun. Penurunan populasi ini disebabkan oleh faktor alam maupun kegiatan manusia yang membahayakan populasinya secara langsung maupun tidak langsung. Pada saat ini teknik tagging set (kode tag ID) merupakan cara yang sering digunakan untuk mendeteksi keberadaan penyu dengan cara memasang tagging pada induk penyu betina yang sedang mendarat untuk bertelur di pantai atau saat di penangkaran maupun penemuan induk penyu oleh nelayan. Salah satu metode lain yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadan penyu adalah dengan menggunakan metode akustik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik energi hambur balik akustik pada penyu hijau (Chelonia mydes) dan menganalisis hubungan target stength dan panjang total tubuh penyu hijau (Chelonia mydas). Penelitian ini dilakukan di kolam perairan Tapak Paderi Kota Bengkulu pada bulan Agustus-Oktober 2020. Hasil rata�rata nilai target strength (TS) pada penyu hijau adalah sebesar -48,07 dB. Berdasarkan persamaan regresi nilai determinasi ( ) yang didapatkan adalah 0,78. Dimana nilai ini menunjukan bahwa panjang total penyu hijau berpengaruh 78% terhadap nilai rata-rata target strength (TS) sedangkan untuk 22 % disebabkan karena faktor lain seperti bentuk tubuh, faktor lingkungan dan faktor lainnya. Berdasarkan uji ANOVA dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara panjang total dan nilai target strength (TS) pada penyu hijau atau nilai panjang total memiliki pengaruh terhadap besarnya nilai target strength (TS) pada penyu hijau. Kata Kunci : Penyu Hijau, Metode Akustik, Target Strength, Tapak Paderi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:32
Last Modified: 29 Aug 2023 08:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15060

Actions (login required)

View Item View Item