PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS X IPA MAN 1 KOTA BENGKULU

Syofiana, Nova and Salastri, Rohiat (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS X IPA MAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi PDF reni A1F013056.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan Team Games Tournament pada mata pelajaran kimia di kelas X IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA MAN 1 kota bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 137 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 3 dengan jumlah seluruh sampel 74 orang. Analisis data yang digunakan yaitu nilai rata-rata, analisis angket, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t dengan nilai signifikansi α = 0,05. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Data hasil belajar siswa ini dilihat dari selisih nilai pretest dan postest. Kelas eksperimen 1 memiliki selisih rata-rata sebesar 47,44 dan kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata sebesar 43,79. Sedangkan data hasil motivasi belajar siswa dikedua kelas diperoleh dari jumlah pesentase motivasi belajar siswa sebesar 83,84% dikategorikan sangat baik dan 77,49% dikategorikan baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum hasil belajar maupun motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe MM. Hal ini ditunjukan dengan thitung > ttabel, dimana 1,7515>1,6662 untuk hasil belajar dan 8,9804>1,6662 untuk motivasi belajar siswa. Dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MM) dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Team Games Tournament, Make A Match

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 29 Aug 2023 09:19
Last Modified: 29 Aug 2023 09:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15063

Actions (login required)

View Item View Item