KANDUNGAN KARBON BAWAH PERMUKAAN PADA LAHAN GAMBUT YANG DITANAMI KELAPA SAWIT DI SP 10 KECAMATAN XIV KOTO KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU

Agi, Cristina Maseh Permata Lingga and Guswarni, Anwar and Faiz, Barchia (2021) KANDUNGAN KARBON BAWAH PERMUKAAN PADA LAHAN GAMBUT YANG DITANAMI KELAPA SAWIT DI SP 10 KECAMATAN XIV KOTO KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Agi Cristina Maseh Permata Lingga_E1B017101.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Lahan gambut adalah salah satu lahan basah yang mempunyai kemampuan menyimpan karbon yang besar, namun luas lahan gambut di Indonesia terus berkurang disebabkan oleh banyak faktor yaitu kebakaran lahan dan konversi atau alih fungsi lahan gambut. Penurunan luas lahan gambut juga terjadi di Provinsi Bengkulu salah satunya di Kabupaten Mukomuko dengan penurunan luas lahan sebesar 20% pada tahun 2019 menjadi 5.847 ha. Kandungan karbon mengidikasikan besarnya bahan organik dalam tanah, sehingga gambut yang matang akan memiliki kandungan karbon yang rendah. Hal ini disebabkan oleh proses dekomposisi pada tanah tersebut sudah berlangsung lebih lama sehingga bahan organik sudah melapuk sempurna. Tujuan penelitian adalah untuk mengukur kandungan karbon bawah permukaan pada lahan gambut yang ditanami kelapa sawit di SP 10 Kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu.. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020 sampai Maret 2021 di SP 10, Desa Rawa Bangun, Kecamatan XIV Koto, Kabupaten Mukomuko, Laboratorium MIPA dan Laboratorium Teknologi Industri Pertanian Universitas Bengkulu. Pengambilan sampel tanah menggunakan transek diagonal dengan 5 titik utama dan 3 kali pengulangan. Data yang diambil di lapangan adalah kedalaman tanah, ketebalan gambut, tinggi muka air, pH tanah, kematangan gambut dan sampel tanah. Data laboratorium yang diambil adalah kadar abu, berat volume, dan pH tanah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata kedalaman tanah 92,13 cm dengan rata-rata ketebalan gambut 44,71 cm, rata-rata tinggi muka air (-) 36,5 cm, kematangan gambut fibrik atau H3, rata-rata berat volume 0,75 g/cm3 , rata-rata kadar abu 60% dan rata-rata karbon organik 23%. Karakteristik lingkungan yang diperoleh adalah rata-rata rata-rata pH tanah gambut 3,47.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:50
Last Modified: 30 Aug 2023 01:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15082

Actions (login required)

View Item View Item