PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 01 BENGKULU TENGAH

Auva, Aidiyana and Daimun, Hambali (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 01 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AIDIYANA AUVA (A1G016007).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar Tematik siswa kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasi Exsperiment) dengan desain The Matching Only Pretes-Posstet Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah dan yang menjadi sampel yaitu VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk aspek pengetahuan berupa tes soal pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest, sedangkan untuk aspek sikap dan aspek keterampilan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, analisis uji hipotesis dan observasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa nilai thitung (3,25) > ttabel (2,01) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan nilai thitung (2,70) > ttabel (2,01) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan peta pikiran lebih baik dari kelas kontrol yang dilaksanakan secara konvensional, sedangkan untuk aspek sikap dan aspek keterampilan menunjukan perbedaan yang signifikan antar kedua kelas sampel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar Tematik siswa kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Kooperatif tipe Jigsaw, Peta Pikiran, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:32
Last Modified: 04 Sep 2023 01:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15102

Actions (login required)

View Item View Item