PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU

Anissah, Bella and Sri, Dad (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI BELLA ANISSAH A1G016046.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Gugus XIX Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD gugus XIX Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V A SDN 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan V B SDN 72 Kota Bengkulu yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui Pretest dan Posttest, untuk hasil belajar sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu, sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan thitung mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 2,47, mata pelajaran IPS sebesar 2,51, dan mata pelajaran PKn sebesar 3,11 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01 dimana thitung lebih besar dari ttabel. Dari data tersebut terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan metode mind mapping. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item View Item