PENGARUH MODEL TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU

J.S, Bintang Mutiara and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH MODEL TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus III Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu dan kelas IV SDN 57 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Sampel terdiri dari kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 57 Kota Bengkulu berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat perbedaan hasil belajar pada pembelajaran tematik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yang di dapatkan, t������ pada posttest kelas eksperimen sebesar 2,762 dengan t��� pada taraf signifikan 5% sebesar 1,667 dimana t������ lebih besar dari t��� . Dari data tersebut terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tebak kata, dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik yang menggunakan model tebak kata . Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Tebak Kata, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item