Diningrum, Cintia Fraditha Setia and Sri, Dadi (2020) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
skripsi cintia(1).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Gugus III Kota Bengkulu. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasinya pada SD Gugus III Kota Bengkulu, yaitu SDN 17 Kota Bengkulu, SDN 48 Kota Bengkulu, SDN 57 Kota Bengkulu, SDN 03 Kota Bengkulu, dan SDN 25, dengan total dari keseluruhan 189 siswa. Menggunakan teknik pedoman pemilihan sampel menurut pendapat Arikunto : jika subjeknya kurang dari 100 orang sebaiknya diambil semuanya, jika subjeknya besar atau lebih dari 100 orang dapat diambil 10- 15% atau 20-25%, maka sampel pada penelitian ini diambil 25% secara acak (random) dari keseluruhan populasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 47 siswa dari keseluruhan siswa pada SD Gugus III Kota Bengkulu. Metode penelitian data dengan angket dan dokumentasi. Semua instrumen telah memenuhi syarat sebagai syarat pengukuran, karena telah di uji cobakan sehingga telah memenuhi syarat uji-T product moment dengan taraf signifikansi 5%. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket (kuesioner) motivasi dan dokumentasi nilai ulangan 1 tema pembelajaran tematik kelas V SD Gugus III Kota Bengkulu. Teknik analisis data yang digunakan mencari validitas, reliabilitas, dan menguji koefesien korelasi. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15123 |
Actions (login required)
View Item |