PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN KOTA BENGKULU

Wahyulin, Elin and Resnani, Resnani (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
pdf skripsi ELIN WAHYULIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V SDN kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar kelas V Kota Bengkulu yang sudah menggunakan kurikulum 2013 dan berakreditasi A. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V A Sekolah Dasar Negeri 82 Kota Bengkulu dan siswa kelas V C Sekolah Dasar Negeri 61 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu multistages cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda melalui pretest dan posttest. Hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrument yang digunakan adalah lembar observasi. Untuk mengukur aspek pengetahuan pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t mata pelajaran Bahasa Indonesia t-hitung sebesar 4,27 dan IPA t-hitung sebesar 3,60 dengan t-tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67. Maka t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Maka terdapat pengaruh model artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V SDN Kota Bengkulu. Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Model Kooperatif Tipe Artikulasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15135

Actions (login required)

View Item View Item