KANDUNGAN NUTRISI PERMEN SALAD DRESSING (Soft Candy) DARI SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizuz)

Rosana, Puja Ayu Ningsih and Edi, Soetrisno and Endang, Sulistyowati (2021) KANDUNGAN NUTRISI PERMEN SALAD DRESSING (Soft Candy) DARI SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizuz). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Draf_Skripsi_Rosana Puja Ayu Ningsih (E1C017139)..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Soft candy susu merupakan salah satu jenis produk olahan susu yang memiliki tekstur lunak, bau khas karamel dan rasa manis dengan bahan utamanya yaitu susu dan gula. Penambahan salad dressing pada soft candy bertujuan untuk menambah cita rasa pada soft candy susu yang berbeda dari soft candy pada umumnya. Buah naga merah memiliki kandungan gizi seperti protein, lemak, abu, karbohidrat dan serat serta betasianin yang berguna sebagai pewarna alami. Penambahan buah naga merah dalam soft candy susu selain dapat digunakan sebagai zat pewarna alami dan penambah cita rasa juga dapat meningkatkan kandungan nutrisi pada soft candy susu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kandungan nutrisi yaitu kadar air, kadar bahan kering (BK), kadar abu, kadar bahan organik (BO), kadar protein, kadar lemak dan kadar karbohidrat pada permen salad dressing (soft candy) dari susu kambing dengan penambahan bubur buah naga merah dengan level berbeda. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 Maret - 4 Mei 2021 di Laboraotium Peternakan Jurusan Peternakan, Universitas Bengkulu dan di Laboratorium PAU Institut Pertanian Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (eksperimen) menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan P0 (0% penambahan bubur buah naga merah), P1 (30% penambahan bubur buah naga merah), P2 (35% penambahan bubur buah naga merah), P3 (40% penambahan bubur buah naga merah) an P4 (45% penambahan bubur buah naga merah). Data penelitian diperoleh dari hasil pengujian kimia (kadar air, kadar bahan kering (BK), kadar abu, kadar bahan organik (BO), kadar protein, kadar lemak, dan kadar karbohidrat). Data dianalisis ragam (ANOVA) dan jika berbeda nyata akan dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan) pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan bubur buah naga merah berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat dan kadar bahan organik (BO). Serta tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar air, kadar abu, dan kadar bahan kering (BK). Hasil uji kimia kandungan nutrisi permen susu (soft candy) berbahan salad dressing dari susu kambing dengan penambahan buah naga merah (Hylocereus polyrhizuz) dapat meningkatkan kandungan nutrisi terhadap kadar protein dan kadar air serta menurunkan kadar lemak, kadar karbohidrat, kadar abu, kadar BK dan kadar BO. Penambahan bubur buah naga merah hingga 45% berpengaruh terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat dan kadar bahan organik (BO) dan tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu dan kadar bahan kering (BK) soft candy berbahan salad dressing dari susu kambing.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:37
Last Modified: 30 Aug 2023 04:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15139

Actions (login required)

View Item View Item