Pembelajaran Medan Magnet Menggunakan Online Interactive Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

Sutarno, Sutarno (2011) Pembelajaran Medan Magnet Menggunakan Online Interactive Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. In: Prosiding Seminar Banjarmasin 2011. Banjarmasin, Banjarmasin. ISBN 978-6-0298-9161-4 (Submitted)

[img]
Preview
Text
a4-Prosiding Seminar Banjarmasin 2011.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen kuasi ini bertujuan mengkonstruksi pembelajaran medan magnet berbantuan online interactive multimedia untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika Universitas Bengkulu yang mengambil matakuliah fisika dasar 2 TA 2010/2011 yang dipilih mengunakan teknik convenient sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah lembar tes penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis materi medan magnet. Hasil analisis data menunjukkan rerata N-gain peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen 0,72 dan kelas kontrol 0,51, keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen 0,53 dan kelas kontrol 0,46. Uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang mengikuti pembelajaran medan magnet menggunakan online interactive multimedia secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran konvensional

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 17 Nov 2013 09:08
Last Modified: 17 Nov 2013 09:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item