PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM LARUTAN KITOSAN SEBAGAI EDIBLE COATING TERHADAP MUTU FISIK DAN KIMIA JERUK RIMAU GERGA LEBONG (Citrus nobilis sp) SELAMA PENYIMPANAN

Septika, Wulan Purnama and Wuri, Marsigit and Devi, Silsia (2021) PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM LARUTAN KITOSAN SEBAGAI EDIBLE COATING TERHADAP MUTU FISIK DAN KIMIA JERUK RIMAU GERGA LEBONG (Citrus nobilis sp) SELAMA PENYIMPANAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI SWP fix 21.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Provinsi Bengkulu memiliki komoditas unggulan yaitu jeruk Rimau Gerga Lebong (RGL). Jeruk tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif dari jeruk lainnya, yaitu berbuah sepanjang tahun, ukuran buah 173-347 g, kadar sari buah tinggi dan mempunyai potensi pasar yang baik.Permasalahan dalam penanganan buah jeruk gerga yaitu pada umumnya memiliki sifat mudah rusak setelah proses pemanenan jeruk masih mengalami proses respirasi, transpirasi dan daya simpannya rendah (cepat busuk) jika disimpan dalam suhu ruangan, sehingga dapat mengalami penurunan susut bobot, kadar air, warna dan vitamin, lama pencelupan jeruk manis ke dalam larutam kitosan akan mempengaruhi mutu jeruk selama pnyimpanan. Hal ini karena kulit jeruk memiliki banyak pori-pori. Jika direndam terlalu lama jeruk akan lembab dan busuk, maka dari itu perlu dilakukanya penelitian tentang pengaruh lama perendaman dalam larutan kitosan terhadap mutu fisik dan kimia jeruk Rimau Gerga Lebong. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktornya yaitu lama perendaman dalam larutan kitosan 2%, dengan waktu perendaman selama 30 detik, 60 detik, 90 detik, 120 detik dan 150 detik. Terdapat 5 taraf perlakuan, setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali, diamati pada hari ke 5, 10, 15, 20 dan 25 selama penyimpanan dan jeruk tanpa perendaman dalam kitosan sebagai pembanding atau kontrol. Parameter mutu fisik terdiri atas kadar air, susut bobot, warna, dan tesktur.Mutu kimia terdiri atas nilai pH, total asam, vitamin C dan total padatan terlarut. Mutu fisik dan kimia jeruk gerga diamati pada hari ke 0, 5, 10, 15, 20 dan 25 penyimpanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edible coating kitosan terhadap mutu fisik dan kimia jeruk gerga. Nilai tertinggi terdapat pada waktu perendaman selama 120 detik dengan kadar air tertinggi sebesar 85,86%, susut bobot tertinggi sebesar 26,43%,warna selama penyimpanan hari ke 0 memiliki warna kehijauan kekuningan dengan nilai 10Y 6/8, sedangkan pada hari ke 25 penyimpanan warna jeruk gerga edible coating kitosan memiliki warna kekuningan kecoklatan dengan nilai 5Y 7/8, nilai tekstur tertinggi sebesar 31,33%, nilai pH tertinggi sebesar 4,70, total asam tertinggi sebesar 0,88%, vitamin c tertinggi sebesar 51.74 mg/100g, dan nilai total padatan tertinggi sebesar 10,64% Brix.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:24
Last Modified: 30 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15170

Actions (login required)

View Item View Item