Nurhayani, Sadela and V., Karjiati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SADELA NURHAYANI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model realistic mathematics education berbasis etnomatematika permainan engklek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experimental dengan jenis the matching only pretest�posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD gugus XIV Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil pengundian diperoleh sampel yaitu rombel IVB SDN 42 Kota Bengkulu yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen, dan rombel IVB SDN 45 Kota Bengkulu yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes berbentuk soal uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data penelitian kuantitatif menggunakan SPSS 16.0 for windows. Adanya pengaruh dibuktikan dengan nilai signifikan uji-T, 0,02 < 0,05 artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model realistic mathematic education berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education berbasis Etnomatematika, Hasil Belajar, Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:34 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15176 |
Actions (login required)
View Item |