PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SD WILAYAH KELUARGA KERUKUNAN TABUT DI KOTA BENGKULU

Eliza, Sherly and V., Karjiyati (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SD WILAYAH KELUARGA KERUKUNAN TABUT DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Sherly Elizahhhh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas IV SD wilayah keluarga kerukunan tabut di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy ekperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD wilayah keluarga kerukunan tabut di Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas IV B di SDN 11 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A di SDN 08 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar tes berupa soal uraian untuk konteks literasi matematika. Teknik analisis data dengan analisis uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan analisis deskriptif yaitu mean dan varian. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, terdapat thitung 3, 82 > ttabel 2,01. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika pada komponen konteks siswa kelas IV SD wilayah keluarga kerukunan tabut di Kota Bengkulu. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika, Kemampuan Literasi Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:35
Last Modified: 04 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15183

Actions (login required)

View Item View Item