PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN GUGUS XIX KOTA BENGKULU

Anjani, Tiya and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN GUGUS XIX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI TIYA ANJANI A1G016103.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN gugus XIX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quaxi eksperimental. Dengan desain the matching only pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V gugus XIX Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 103 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest. Untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan, instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian berbentuk observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui bahwa diperoleh thitung mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 4,012 dan mata pelajaran IPA sebesar 2,941 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,669, di mana thitung lebih besar dari ttabel. Dari data tersebut, tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:35
Last Modified: 04 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15186

Actions (login required)

View Item View Item