PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN GUGUS XIX KOTA BENGKULU

Nasution, Tri Nur Azura and Herman, Lusa (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN GUGUS XIX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI TRI NUR AZURA NASUTION A1G016012.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Powerpoint terhadap hasil belajar Tematik siswa kelas IV SDN Gugus XIX Kota Bengkulu. Adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan jenis desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus XIX Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 71 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV B SDN 72 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui Pretest dan Posttest, untuk hasil belajar sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan thitung mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 5,44 dan pada mata pelajaran IPA sebesar 6,14 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,00 dimana thitung > ttabel. Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan media powerpoint. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Think Talk Write, Hasil Belajar, Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:35
Last Modified: 04 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15187

Actions (login required)

View Item View Item