Sari, Else Puspita and Agus, Trianto and Padi, Utomo (2020) KESULITAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Else Puspita (SKRIPSI 3 FIX).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 240 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online melalui aplikasi Google Form yang dibagikan ke grup WhatsApp kelas 7.8 dan 7.9. Analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan menulis teks eksplanasi yaitu kesulitan menulis dari faktor internal, faktor eksternal, struktur dan kaidah kebahasaan. Kesulitan yang paling banyak dihadapi siswa dari segi faktor internal yaitu menentukan topik yang menarik 78,8%. Kesulitan dominan dihadapi oleh siswa dari segi faktor eksternal yakni berhubungan dengan waktu pembelajran sebesar 58,3%. Kesulitan menulis teks eksplanasi paling banyak dihadapi oleh siswa pada struktur teks eksplanasi yakni membedakan batasan umum dan deret penjelas (batasan antara pernyataan sebab dan akibat) sebesar 69,2%. Kesulitan menulis teks eksplanasi paling banyak dihadapi oleh siswa pada penggunaan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada bidang keilmuan khusus sebesar 63,5%. Kata kunci: Kesulitan Menulis, Teks Eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 08:46 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 08:46 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15295 |
Actions (login required)
View Item |