SERANGAN HAMA Spodoptera frugiperda J.E Smith PADA LIMA VARIETAS TANAMAN JAGUNG MANIS DI KELURAHAN TALANG RIMBO LAMA KECAMATAN CURUP TENGAH KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Rina, Astuti Fauziah and Nadrawati, Nadrawati and Djamilah, Djamilah (2021) SERANGAN HAMA Spodoptera frugiperda J.E Smith PADA LIMA VARIETAS TANAMAN JAGUNG MANIS DI KELURAHAN TALANG RIMBO LAMA KECAMATAN CURUP TENGAH KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RINA ASTUTI FAUZIAH (E1K016009).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Jagung manis merupakan tanaman pangan yang sangat digemari oleh konsumen karena memiliki rasa yang manis serta lembut ketika dikonsumsi. Kebutuhan jagung manis terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Salah satu yang menyebabkan produksi jagung manis menurun adalah adanya serangan S. frugiperda. Larva S. frugiperda memakan daun dan serangan pada tanaman muda tanaman bisa mati karena larva memakan titik tumbuh tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui insidensi dan serangan hama S. frugiperda serta musuh alaminya pada tanaman jagung manis. Penelitian dilaksanakn pada bulan Januari sampai Maret 2020 di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok lengkap dengan faktor tunggal yaitu 5 varietas jagung manis yang terdiri dari varietas Baruna, varietas BN-44, varietas Bimmo, varietas F1-Sweet Gold dan varietas London yang ditanam masing-masing pada lahan berukuran 6m x 4m dengan tiga kali ulangan. Pengamatan yang dilakukan adalah jumlah larva S. frugiperda, intensitas kerusakan, musuh alami dan bobot tongkol jagung manis. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistic dengan anava pada taraf 5% dan diuji lanjut mengunakan BNT. Hasil penelitian menunjukkan insidensi S. frugiperda, intensitas kerusakan dan bobot jagung manis berbeda tidak nyata pada varietas Bimmo, London, F1-Sweet Gold, Baruna dan BN-44 yang diuji. Jumlah larva 0,1 – 0,3 per tanaman, intensitas kerusakan 31,98-33,51 % dan bobot tongkol jagung berkelobot 177,33 – 249,33 gram per tongkol. Dan musuh alami yang berasosiasi dengan S. frugiperda pada tanaman jagung manis adalah kumbang Menochillus sexmacullata dan cecopet.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Plant Pests and Diseases
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:15
Last Modified: 04 Sep 2023 07:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15296

Actions (login required)

View Item View Item