KONTRIBUSI MOTION STUDY TERHADAP WAKTU BAKU DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA OPERATOR PADA PROSES PRODUKSI TEH DI STASIUN BALL TEA (STUDI KASUS PT. MITRA KERINCI, SOLOK SELATAN)

Aldino, Rizki Prayoga and Meizul, Zuki and Yusril, Dany (2021) KONTRIBUSI MOTION STUDY TERHADAP WAKTU BAKU DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA OPERATOR PADA PROSES PRODUKSI TEH DI STASIUN BALL TEA (STUDI KASUS PT. MITRA KERINCI, SOLOK SELATAN). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Aldino Rizki Prayoga (E1G015073).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kontribusi Motion Study Terhadap Waktu Baku dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Kerja Operator pada Proses Produksi Teh di Stasiun Ball Tea (Studi Kasus PT. Mitra Kerinci, Solok Selatan) (Aldino Rizki Prayoga, dibawah bimbingan Meizul Zuki dan Yusril Dany, 2021, 67 Halaman). PT Mitra Kerinci merupakan salah satu perusahaan di Sumatera Barat yang bergerak dalam bidang perkebunan teh dan pengolahan teh pada pabriknya. PT Mitra Kerinci memproduksi dua jenis teh yaitu teh hijau (green tea), teh putih (white tea), dan teh hitam (black tea). PT Mitra Kerinci rata-rata memproduksi pengolahan pucuk teh hijau setiap harinya sebanyak 7.000 kg atau 7 ton. Jumlah ini sudah menjadi target produksi pengolahan harian yang sudah menjadi ketentuan di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besaran kontribusi studi gerak terhadap waktu baku dan menentukan besaran kontribusi waktu baku terhadap peningkatan produktivitas pada proses pengeringan akhir di stasiun Ball Tea produksi pucuk teh di PT. Mitra Kerinci. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental dan memakai rancangan penelitian sama subjek (treatment by subject design) yaitu perlakuan dikenakan pada subjek yang sama. Hasil perhitungan waktu sesudah dilakukan studi gerak pada peta aliran proses mencapai 16.417,015 detik. Lalu dilanjutkan perhitungan waktu siklus yang mencapai 825,41 detik dengan standar deviasi sebenarnya didapatkan sebesar 3,58 dan standar deviasi dari distribusi subgrup 1,79. Setelah diketahui hasil rata-rata waktu siklus, standar deviasi sebenarnya dan standar deviasi dari distribusi subgrup maka dilanjutkan uji keseragaman data yang diawali dengan menghitung BKA dan BKB. Untuk hasil perhitungan BKA didapatkan 830,78 dan BKB mencapai 820,04. Pada uji keseragaman data didapatkan hasil mencapai 0,908. Pada perhitungan waktu baku dilakukan perhitungan waktu normal lebih dahulu, setelah diketahui hasil dari perhitungan penyesuaian mencapai 1,12 sehingga waktu normal didapatkan dengan jumlah 924,45 detik. Dilanjutkan menghitung waktu baku dan hasil mencapai 1423,65 detik dengan kelonggaran 54%. Hal ini memberikan kontribusi pada peningkatan produktivitas sebesar 5,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:37
Last Modified: 04 Sep 2023 07:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15301

Actions (login required)

View Item View Item