PENGARUH PEMANFAATAN LARVA BLACK SOLDIER FLY (HERMETIA ILLUCENS) UNTUK DEGRADASI LIMBAH ORGANIK DAN HASIL SAMPING PUPUK KOMPOS

Windi, Gustiana and Hasan, Basri Daulay and Pandu, Imam (2021) PENGARUH PEMANFAATAN LARVA BLACK SOLDIER FLY (HERMETIA ILLUCENS) UNTUK DEGRADASI LIMBAH ORGANIK DAN HASIL SAMPING PUPUK KOMPOS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Windi Gustiana E1G015045 fiks.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Limbah merupakan salah satu permasalahan umum yang belum terselesaikan dengan baik di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya kota Bengkulu. Limbah dapat diartikan sebagai sisa kegiatan manusia atau proses alam yang sudah tidak terpakai dan biasanya dibuang akan tetapi masih dapat di daur ulang atau dikelola dengan prosedur yang tepat. Teknologi tepat guna yang mungkin diterapkan adalah biokonversi. Black Soldier Fly merupakan salah satu agen biokonversi yang dapat mendegradasi limbah organik dengan memanfaatkan larvanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh perbandingan larva Black Soldier Fly terhadap tingkat degradasi pada limbah organik dan mendapatkan mutu hasil biokonversi limbah organik berdasarkan SNI 19-7030-2004. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan penambahan jumlah gram larva sebagai perlakuan (3gram, 4 gram, 5 gram, 6 gram, 7 gram) dengan parameter uji meliputi pH, suhu, pengukuran perubahan berat larva, indeks pengurangan limbah, kadar air, warna, bau, tekstur dan uji N,P dan K. Data parameter dari penelitian yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan grafik dan dianalisis secara deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pH kompos sebesar 6.50-6.67, kadar air berkisar 44.67%-58.00%, suhu kompos berkisar 27.5°C-28.0°C, kompos berwarna kehitaman, berbau tanah dan memiliki tekstur seperti tanah. Penambahan gram larva berpengaruh terhadap tingkat degradasi limbah organik, semakin banyak larva maka kemampuan degradasi akan semakin tinggi, tingkat degradasi tertinggi 97% pada larva 7 gram dan berdasarkan analisis mutu hasil biokonversi limbah organik oleh larva Black Soldier Fly berdasarkan SNI 19-7030-2004, pupuk kompos secara keseluruhan uji telah memenuhi standar kualitas kompos, hanya pada kadar air pupuk kompos pada perlakuan larva 3 gram dan 4 gram serta uji pH keseluruhan belum memenuhi standar SNI.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:26
Last Modified: 04 Sep 2023 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15309

Actions (login required)

View Item View Item