RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (Capsicum annuum L.) PADA TANAH ULTISOL AKIBAT PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN PUPUK FOSFOR DENGAN DOSIS RENDAH

Apriana, Apriana and Reny, Herawati and Masdar, Masdar (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (Capsicum annuum L.) PADA TANAH ULTISOL AKIBAT PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN PUPUK FOSFOR DENGAN DOSIS RENDAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI APRIANA E1J017125.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Ultisol tergolong tanah terlapuk lanjut, kondisi tersebut menyebabkan ketersediaan silikat rendah dan kelarutan Al yang tinggi dengan adanya pemberian Pupuk Organik Cair (POC) dalam suatu lahan diharapkan dapat mengurangi penggunaan pupuk anorganik sehingga penggunaan pupuk fosfat secara rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memproleh interaksi terbaik dalam pemberian POC dan pupuk P serta memperoleh dosis optimum dari pemberian POC dan pupuk P. Percobaan ini menggunakan rancangan acak kelompok lengkap (RAKL) dengan 2 faktor. Faktor pertama dosis POC dengan 3 taraf yaitu, P0: 0 ml/petak, P1: 8 ml/petak, P2:16 ml/petak, sedangkan faktor kedua dosis pupuk P dengan 4 taraf yaitu, V0: 0 gr/petak atau 0% dari rekomendasi, V1: 18,75 gr/petak atau 25% dari rekomendasi, V2: 37,5 gr/petak atau 50% dari rekomendasi, V3: 56,25 gr/petak atau 75% dari rekomendasi. Dari perlakuan tersebut diperoleh 12 kombinasi dan diulang sebanyak tiga kali, sehingga terdapat 36 satuan percobaan. Setiap satuan percobaan 20 tanaman dan terdapat 5 tanaman sebagai tanaman sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian dosis POC 16 ml/petak dan dosis pupuk P 56,25 g/petak mempengaruhi terhadap bobot buah/petak cabai merah di ultisol. Belum diperoleh dosis POC dan pupuk P yang optimum guna meningkatkan pertumbuhan dan hasil cabai merah di ultisol. Pemberian dosis POC 16 ml/petak meningkatkan tinggi tanaman, jumlah buah/tanaman, bobot buah/tanaman dan bobot buah/petak. Pemberian dosis pupuk P 56,25 g/petak meningkatkan tinggi tanaman, jumlah buah/tanaman, bobot buah/tanaman dan bobot buah/petak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:29
Last Modified: 05 Sep 2023 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15352

Actions (login required)

View Item View Item