RAHMADAYANTI, ANNESHA and Idram, Iidrus and Sri, irawati (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI JAMUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_ANNESHA RAHMADAYANTI_A1D016005_FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran model Learning Cycle 5E pada materi jamur untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X IPA SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian ini meliputi; 1) Telaah kurikulum; 2) Telaah Kompetensi Dasar; 3) Telaah Materi Pemelajaran; 4) Merumuskan Indikator dan Tujuan Pembelajaran; 5) Menentukan Model dan Metode Pembelajaran; 6) Pemilihan Media Pembelajaran; 7) Penyusunan Alat Evaluasi Pembelajaran. Hasi penelitian berupa rancangan perangkat pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan tes evaluasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk materi jamur dirancang untuk 4 kali pertemuan dan mengacu pada sintaks model pembelajaran Learning Cycle 5E yang terdiri dari 5 langkah yaitu: 1) Engagement;2) Exploration;3) Explanation;4)Elaboration;5) Evaluation. LDPD terdiri dari; 1) Tujuan pembelajaran; 2)Landasan teori; 3) Soal diskusi. LKPD terdiri atas: 1) Tujuan pembelajaran; 2)Landasan teori; 3) Alat dan bahan; 4) Cara kerja; 5) Soal Tes evaluasi dirancang dengan bentuk pretest dan posttest. Kata kunci :Perangkat pembelajaran, Model Learning Cycle 5E, Jamur, Keterampilan Proses Sains
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:33 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15369 |
Actions (login required)
View Item |