RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP KOMBINASI DOSIS PUPUK GUANO DAN METODE PENGENDALIAN GULMA

Karina, Michelle Deviyanti and Marulak, Simarmata and Edhi, Turmudi (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP KOMBINASI DOSIS PUPUK GUANO DAN METODE PENGENDALIAN GULMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI Karina Michelle D. (E1J016083) 2021.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) merupakan salah satu komoditi tanaman pangan yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta banyak digunakan sebagai bahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan dan bahan baku industri di Indonesia. Oleh karena manfaat kacang tanah yang beragam, maka kebutuhan kacang tanah terus bertambah sehingga sangat perlu dilakukan budidaya kacang tanah untuk meningkatkan hasil. Produksi kacang tanah mampu ditingkatkan melalui pengoptimalan pemberian pupuk organik. Penggunaan pupuk organik mampu mengembalikan kualitas tanah serta dapat memperbaiki komposisi hara yang ada di dalam tanah. Salah satu jenis pupuk organik yang dapat digunakan adalah pupuk guano. Pupuk guano merupakan pupuk berasal dari tumpukan kotoran kalelawar atau burung dalam jangka waktu cukup lama pada suatu tempat tertentu yang telah mengalami dekomposisi. Guano sebagai pupuk organik memiliki kadar nitrogen, fosfat dan kadar kalium yang sangat tinggi. Selain pemberian pupuk organik, aspek pengendalian gulma sangat menentukan hasil tanaman kacang tanah. Penggunaan herbisida pasca tumbuh dan manual tanpa pengendalian herbisida mampu menekan pertumbuhan gulma, sehingga persaingan unsur hara dengan tanaman utama dapat di minimalisir. Penelitian ini bertujuan untuk 1) memperoleh dosis optimum pupuk guano pada setiap metode pengendalian gulma terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.), 2) menentukan dosis pupuk guano yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.), dan 3) menentukan metode pengendalian gulma yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - September 2020 di Lahan Zona Pertanian Terpadu Universitas Bengkulu Kelurahan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap Faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah pemberian dosis pupuk organik guano yaitu G0: 0 kg/ha, G1: 400 kg/ha, G2: 800 kg/ha, dan G3: 1200 kg/ha. Sedangkan faktor kedua adalah metode pengendalian gulma, M1: Manual (Penyiangan 2-4 MST), M2: Herbisida Pasca Tumbuh 2 MST, dan M3: Herbisida Pasca Tumbuh 4 MST. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengendalian gulma dengan herbisida purna tumbuh yang diaplikasikan pada umur tanaman 2 MST maupun 4 MST tanpa pemberian pupuk guano (dengan dosis 0 kg/ha guano) mampu menghasilkan jumlah polong bernas tertinggi sebanyak 7,17 buah per tanaman dengan pemakaian pupuk dasar Urea 50 kg/ha, SP-36 25kg/ha, dan KCl 50 kg/ha. Pada metode pengendalian gulma manual (penyiangan 2-4 MST) mampu memperoleh hasil tanaman per petak tertinggi yaitu 528,17 g/petak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:10
Last Modified: 06 Sep 2023 02:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15381

Actions (login required)

View Item View Item