Afriyanti, lis and Irdam, Idrus and Sri Irawati, Sri Irawati (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS 5E (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI EKOSISTEM UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI LIS AFRIYANTI (A1D016004).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran model siklus 5E (Learning cycle) pada materi ekosistem untuk sekolah menengah atas kota bengkulu. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Tahap penelitian meliputi 1) Analisis Kurikulum, 2) Analisis Kompetensi Dasar, 3) Telaah Materi Pelajaran, 4) Merumuskan Indikator dan Tujuan Pembelajaran, 5) Menentukan Model Dan Metode Pembelajaran, 6) Memilih Media Pembelajaran, 7) Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Analisis data meliputi 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, 3) Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian berupa rancangan perangkat pembelajaran meliputi 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) Lembar Diskusi Peserta Didik (LKPD) dan 3) Alat Evaluasi Pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) materi ekosistem dirancang untuk 2 kali pertemuan mengacu pada sintaks pembelajaran model siklus 5E (learning cycle) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Engagement, 2) Eksploration, 3) Eksplanation, 4) Elaboration, 5) Evaluation. Kerangka Rancangan Lembar Diskusi Peserta Didik (LKPD) Terdiri 1) Halaman Judul LKPD, 2) Landasan Teori, 3) Tujuan, 4) Alat Dan Bahan, 5) Langkah Kerja, 6) Pertanyaan. Tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar kognitif terdiri dari 5 butir soal essay berbentuk post test. Soal post test terdiri dari C4 (menganalisis) dan C5 (sintesis). Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Siklus 5e (Learning Cycle), Ekosistem, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:34 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15387 |
Actions (login required)
View Item |