RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS VERMIKOMPOS PADA ULTISOLS

Nathasya, Christy Br Ginting and Reny, Herawati and Merakati, Handajaningsih (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS VERMIKOMPOS PADA ULTISOLS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI NATHASYA BR GINTING (E1J017061).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Upaya meningkatkan produksi cabai dapat dilakukan dengan cara penggunaan varietas hibrida dan penerapan ekstensifikasi. Penggunaan varietas hibrida dinilai memiliki umur yang genjah dan produktivitas tinggi dibandingkan dengan varietas non hibrida. Di sisi lain, ekstensifikasi berupa pemanfaatan lahan khususnya lahan Ultisols juga turut mendorong peningkatan produksi cabai. Namun rendahnya unsur hara pada Ultisols menyebabkan perlunya pemberian unsur hara agar tingkat kesuburan tanah meningkat. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pupuk organik berupa vermikompos. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kombinasi antara varietas cabai rawit dan dosis vermikompos terhadap pertumbuhan dan hasil cabai rawit pada Ultisols, menentukan varietas cabai rawit terbaik pada Ultisols, menentukan dosis vermikompos yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil cabai rawit pada Ultisols. Penelitian dilaksanakan dari bulan Oktober 2020 sampai bulan Februari 2021 bertempat di Bentiring, Kota Bengkulu pada ketinggian ± 10 mdpl (meter diatas permukaan laut). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu varietas cabai rawit dengan 3 taraf yaitu :Varietas Baskhara, Varietas Pelita, Varietas Dewata 43. Faktor kedua yaitu dosis vermikompos yang terdiri dari 4 taraf yaitu : 0 ton/ha, 15 ton/ha, 30 ton/ha, dan 45 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat kombinasi antara perlakuan varietas dengan pemberian dosis vermikompos terhadap pertumbuhan dan hasil cabai rawit pada Ultisols.Varietas Baskhara memberikan hasil terbaik pada variabel umur berbunga, umur panen, jumlah buah per tanaman dan panjang buah. Dosis vermikompos 45 ton/ha memberikan hasil tertinggi pada variabel tinggi tanaman, diameter batang, jumlah cabang, umur berbunga, umur panen, jumlah buah per tanaman, panjang tangkai buah, panjang buah, diameter buah, bobot buah per tanaman dan bobot buah per petak. Namun belum diperoleh dosis vermikompos terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil cabai rawit di Ultisols yang sesuai dengan deskripsi varietas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:55
Last Modified: 06 Sep 2023 02:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15397

Actions (login required)

View Item View Item