RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENALAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA

Ningsih, sri utami and Irdam, Idrus and Kasrina, Kasrina (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENALAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SRI UTARI NINGSIH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada materi sistem pernapasan manusia kelas XI IPA SMA untuk meningkatkan keterampilan menalar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Perangkat pembelajaran yang akan di rancang dengan tahapan sebagai berikut : 1) Telaah kurikulum, 2) Analisis kompetensi dasar (KD), 3) Telaah materi, 4) Perumusan indikator dan tujuan pembelajaran, 5) Penentuan model dan metode pembelajaran, 6) Penentuan media pembelajaran dan 7) Analisis hasil rancangan. Hasil penelitian berupa rancangan perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar diskusi peserta didik (LDPD) dan tes evaluasi. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dirancang pada materi sistem pernapasan manusia untuk dua kali pertemuan yang mengacu pada sintaks model pembelajaran berbasis masalah (PBM) yang terdiri dari mengorganisasikan siswa kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Rancangan LKPD dan LDPD di buat dengan sistematika : halaman judul, landasan teori, tujuan, alat dan bahan, cara kerja, tabel hasil pengamatan, dan pertanyaan. Tes evaluasi di rancang dengan memperhatikan tingkatan pengetahuan pada kompetesi dasar dengan tingkatan C4 (menganalisis) yang di rancang dalam bentuk soal pilihan ganda dan essay dengan jenjang kognitif C1, C2, C3 dan C4 yang di gunakan untuk mengukur tingkat pemahaman dan keberhasilan peserta didik. Kata kunci : Keterampilan Menalar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Perangkat Pembelajaran, Sistem Pernapasan Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:37
Last Modified: 06 Sep 2023 07:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item