RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS X (SEPULUH)

Siregar, wahyu putri and Sri, Irawati and Dewi, Jumiarni (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS X (SEPULUH). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
WAHYU PUTRI SIREGAR.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X (Sepuluh)’’. Tahapan penelitian ini meliputi: 1) Menelaah Kurikulum, 2) Menelaah Kompetensi Dasar, 3) Telaah Materi, 4) Merumuskan Indikator Dan Tujuan Pembelajaran, 5) Menentukan Model dan Metode Pembelajaran, 6) Menentukan Media Pembelajaran, 7) Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif. Perangkat pembelajaran yang dirancang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan berpedoman pada Kompetensi Dasar domain pengetahuan (KD 3.10) pada materi pencemaran lingkungan serta digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas X (sepuluh). Penelitian ini menghasilkan tiga produk perangkat pembelajaran, yaitu Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD) dan Soal Evaluasi (Pretest dan Posttest) berbasis Literasi Sains. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Literasi Sa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:39
Last Modified: 06 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item