PENGARUH PEMBERIAN RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) CV.TAIWAN DAN GAMAL (Gliricidia sepium) TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN PEDET BRAHMAN CROSS PRASAPIH

Pujo, Prayogo and Nurmeiliasari, Nurmeiliasari and Amir, Husaini Karim Amrullah (2021) PENGARUH PEMBERIAN RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) CV.TAIWAN DAN GAMAL (Gliricidia sepium) TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN PEDET BRAHMAN CROSS PRASAPIH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI PUJO PRAYOGO E1C017130 2021.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Sapi Brahman Cross merupakan sapi persilangan antara sapi Brahman keturunan Bos Indicus dan sapi-sapi Eropa yang merupakan kelompok Bos Taurus. Sapi ini merupakan jenis sapi potong terbaik di daerah tropis. Walaupun demikian, terdapat beberapa permasalahan dalam industri pembibitan sapi potong diantaranya yaitu performa pedet prasapih yang buruk. Pertumbuhan pedet prasapih merupakan salah satu titik kritis yang perlu mendapat perhatian serius terutama pada pakannya. Ternak yang mengalami kekurangan pakan pada saat sebelum pubertas akan mengalami hambatan pertumbuhan dan pencapaian umur pubertas. Jumlah nutrisi yang didapatkan ternak pada fase prasapih juga dipengaruhi oleh perkembangan rumen. Perkembangan rumen dipengaruhi oleh hijauan pakan kasar yang merupakan stimulus fisik bagi perkembangan kapasitas rumen. Salah satu rumput yang potensial dan sering diberikan pada ternak ruminansia adalah rumput gajah (Pennisetum purpureum) cv. Taiwan. Rumput ini memiliki kandungan nutrisi protein kasar 10,85%, serat kasar 30 – 32% dan kalsium 0,24% – 0,31%. Jenis hijauan berupa legum sebagai pendukung pertumbuhan adalah gamal. Hijauan gamal mengandung protein kasar 20 – 30%, serat kasar 15%, dan kecernaan invitro bahan kering 60 – 65%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemberian stimulan yang terdiri dari konsentrat, rumput gajah (Pennisetum pupureum) cv. Taiwan, dan gamal (Gliricidia sepium) dengan peresentase berbeda terhadap performa pertumbuhan pedet Brahman Cross prasapih. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 September – 21 November 2020 di UPTD Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan 2 perlakuan dan 4 ulangan yaitu P1 = konsentrat 40% + rumput gajah cv. Taiwan 60% dan P2 = konsentrat 40% + rumput gajah cv. Taiwan 30% + gamal 30%. Adapun parameter yang diamati adalah konsumsi pakan, pertambahan bobot badan harian (PBBH), konversi pakan (FCR), dan pertambahan dimensi tubuh ternak (lingkar dada, tinggi gumba, dan panjang badan). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t atau Independent Sample T-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perlakuan tidak berpengaruh nyata terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan harian (PBBH), konversi pakan (FCR), dan pertambahan dimensi tubuh ternak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pakan harian selama penelitian berkisar 2,58 – 4,23 kg/ekor/hari, pertambahan bobot badan harian (PBBH) selama penelitian berkisar 0,13 – 0,19 kg/ekor/hari, konversi pakan (FCR) selama penelitian berkisar antara 18,94 – 23,46, dan pertambahan dimensi tubuh ternak selama penelitian yaitu lingkar dada berkisar 4 – 6 cm, tinggi gumba berkisar 8 – 11 cm, dan panjang badan berkisar 9 – 11 cm. Perlakuan pemberian serat berupa rumput gajah cv. Taiwan dan kombinasi rumput gajah cv. Taiwan dan gamal tidak berpengaruh terhadap performa pertumbuhan pedet Brahman Cross prasapih.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:48
Last Modified: 07 Sep 2023 03:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15516

Actions (login required)

View Item View Item