PENGARUH KONSENTRASI AIR REBUSAN DAUN MELINJO (Gnetum gnemon L.) TERHADAP TOTAL MIKROBA KERABANG DAN Specific Gravity TELUR AYAM RAS

Riza, Surya Islamiati and Edi, Soetrisno and Suharyanto, Suharyanto (2021) PENGARUH KONSENTRASI AIR REBUSAN DAUN MELINJO (Gnetum gnemon L.) TERHADAP TOTAL MIKROBA KERABANG DAN Specific Gravity TELUR AYAM RAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RIZA SURYA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Telur mudah mengalami penurunan kualitas baik kerusakan secara fisik, kimia maupun secara biologis. Kualitas telur dapat dipengaruhi oleh lama penyimpanan, suhu, kelembaban relatif, dan kualitas kerabang telur. Pengawetan telur merupakan salah satu usaha untuk mencegah menurunnya kualitas telur. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas telur dan memperpanjang masa simpan, menggunakan penyamak nabati yang mengandung tanin, salah satunya adalah daun melinjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perendaman telur ayam ras dalam air rebusan daun melinjo (Gnetum gnemon L.) terhadap total mikroba kerabang dan Specific Gravity Telur Ayam Ras. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 November 2020 – 15 Januari 2021 di Laboratorium Peternakan, Jurusan Peternakan Universitas Bengkulu dan UPTD Laboratorium Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan 180 butir telur ayam ras. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 4 ulangan dengan lama penyimpanan 14 dan 21 hari pasca perendaman. Perlakuan terdiri atas P0: 0% (tanpa perendaman), P1: 15%, P2: 30%, P3: 45% air rebusan daun melinjo (Gnetum gnemon L). Variabel yang diamati yaitu persentase penyusutan berat telur, persentase kerabang, specific gravity dan Total Plate Count (TPC) kerabang telur ayam ras. Data hasil pengujian Specific gravity dibahas secara deskriptif. Data persentase penyusutan berat telur, persentase berat kerabang dan TPC (Total Plate Count) kerabang telur ayam ras dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Variance). Apabila terdapat pengaruh nyata (P<0,05), maka diuji lanjut DMRT (Duncan Multiple Range Test). Selang kepercayaan yang digunakan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan telur ayam ras yang direndam dengan air rebusan daun melinjo pada konsentrasi 15% - 45% berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap persentase penyusutan berat telur hari ke-21, akan tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap persentase berat kerabang, dan TPC (Total Plate Count) kerabang telur ayam ras. Nilai specific gravity hari ke-14 hingga hari ke-21 masih menunjukkan nilai di atas standar terutama pada P1 konsentrasi 15% dan P2 konsentrasi 30% Perendaman telur ayam ras menggunakan air rebusan daun melinjo belum mampu menurunkan jumlah cemaran mikroba pada kerabang telur tetapi pada konsentrasi 15% - 45% perendaman dapat menekan penyusutan berat telur dan berat kerabang. Pada konsentrasi 15% -30% Nilai specific gravity telur dapat dipertahankan hingga penyimpanan 21 hari dibanding dengan telur yang tanpa perendaman air rebusan daun melinjo (kontrol).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:51
Last Modified: 07 Sep 2023 03:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15517

Actions (login required)

View Item View Item