DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Wicaksono, Darma and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2020) DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DARMAWICAKSONO_A1C013072_SKRIPSI FKIP MATEMATIKA_2020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesikan soal himpunan kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas kelas VII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Data diproses melalui tes diagnostik dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan sebagai berikut: a) Salah dalam menuliskan contoh hinpunan dan bukan himpunan sebanyak 17 siswa (58,62%) ; b) Salah tidak membuat langkah penyelesaian dan salah dalam mendiskripsikan sebanyak 29 siswa (100%); c) Salah tidak mendaftarkan anggota himpunan dan salah membuat diagram venn sebanyak 28 siswa (96.55%) ; d) Salah tidak menuliskan diketahui, salah dalam mencari nilai P, dan tidak mendiskripsikan sebanyak 21 siswa (72,41%); e) Salah tidak menjawab AB dan ―kurang lengkap‖ dalam langkah-langkah penyelesaian sebanyak 21 siswa (72,41%); f) Salah tidak membuat langkah penyelesaian dan salah siswa menjawab kurang tepat atau tidak lengkap sebanyak 16 siswa (66,17%) ;dan g) Salah siswa menjawab kurang tepat atau tidak lengkap sebanyak 15 siswa (51,72%). (2) Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalammenyelesikan soal himpunan sebagai berikut: a) Belum memahami konsep pada materi himpunan sebanyak 27 siswa (93,10%); b) Kurang teliti dalam perhitungan matematika sebanyak 19 siswa (65,52%). Kata kunci: Diagnosis, Kesalahan, Himpunan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:08
Last Modified: 08 Sep 2023 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15534

Actions (login required)

View Item View Item