Fitria, Juniar and Nurul, Astuty Yensy and Nur, Aliyyah Irsal (2020) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJI KOMPETENSI MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BUKU KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN EDISI REVISI 2017 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
A1C016058_Juniar Fitria_Skripsi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal uji kompetensi dan persentase masing-masing tingkat kognitif soal uji kompetensi pada buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kelasifikasi tingkat kognitif soal uji kompetensi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VIII semester 1 yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kategori tingkat kognitif pada soal uji kompetensi materi persamaan garis lurus yakni C1 (remember) 2,27 %, C2 (understanding) 9,10%, C3 (applying) 83,36% dan C4 (analyse)2,27%. Hal ini menunjukkan bahwa presentase tingkat kognitif soal uji kompetensi pada materi persamaan garis lurus belum sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir peserta didik. Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15563 |
Actions (login required)
View Item |