STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU MENANAMKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD ISLAM (IT) AL-HUSNA DI KABUPATEN LEBONG

Wulandari, Ayu and Sri, Ken Kustianti and Herman, Lusa (2020) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU MENANAMKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD ISLAM (IT) AL-HUSNA DI KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi Ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru menanamkan kemampuan literasi membaca pada pembelajaran tematik di SD Islam Terpadu (IT) Al-Husna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Subyek penelitian ini adalah guru di SD IT Al-Husna di Kabupaten Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap, yaitu Data condensation, Display data, dan Conclusion Drawing/Verification. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, instrumen yang mendukung dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, instrument yang mendukung dalam penelitian adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini maka digunakan uji kreadibilitas yaitu, triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan menanamkan kemampuan literasi membaca pada pembelajaran tematik pada siswa SD IT Al�Husna di Kabupaten Lebong, guru yang menjadi peranan penting yaitu (1) Guru sebagai fasilitator. Guru sebagai fasilitator seperti menyediakan berbagai jenis bacaan siswa, (2) guru sebagai motivator, yang dilakukan oleh guru sebagai motivator seperti membaca 15 menit sebelum pembelajaran, mendorong siswa untuk membaca, memandu siswa untuk mendapatkan informasi.(3) Guru sebagai inspirator, yang dilakukan oleh guru seperti, mendorong siswa untuk membaca, memandu siswa untuk membaca, membimbing permasalahan kesulitan siswa. Kesimpulan yang didapat bahwa guru kelas rendah dan guru kelas tinggi di SD IT Al-Husna di Kabupaten Lebong dalam melaksanakan kegiatan menyediakan berbagai jenis bacaan siswa, menciptakan pojok baca siswa, memberikan kemudahan belajar kepada siswa, membaca 15 menit sebelum pembelajaran, mendorong siswa untuk membaca, memandu siswa untuk mendapatkan informasi, mendorong siswa untuk membaca, memandu siswa untuk membaca, membimbing permasalahan kesulitan siswa, dari kegiatan yang dilakukan oleh guru telah memerankan dirinya sebagai fasilitator, motivator, inspiratory dalam menanamkan kemampuan literasi membaca pada pembelajaran tematik pada siswa. Kata Kunci : Studi Deskriptif, Peran Guru, Literasi Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:52
Last Modified: 11 Sep 2023 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15668

Actions (login required)

View Item View Item