STUDI DESKRIPTIF PERANAN ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KOTA BENGKULU

Seta, Ekzu Semesti and Bambang, Permadie and Dwi, Anggraini (2020) STUDI DESKRIPTIF PERANAN ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI EKZU NEW.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan peranan orang tua dan sekolah dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari di sekolah dasar negeri 08 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari dan guru seni tari di sekolah dasar negeri 08 kota Bengkulu. Instumen yang digunakan yaitu Lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu data collection, data condensation, data display dan data verifications. Hasil penelitian ini yaitu peranan orang tua 1. Orang tua sebagai pembimbing hasil yang didapatkan adalah orangtua membimbing dengan melatih anak gerakan tari secara langsung pada saat latihan tari dan saling menghargai dan menghormati, 2. Orang tua sebagai pemberi motivasi, orang tua memotivasi dengan menasehati anak supaya lebih bersungguh-sungguh ketika latihan tari, mengapresiasi anak dengan hadiah, orang tua memotivasi anak dengan melihat langsung anak berlatih tari dan orang tua memotivasi anak dengan membiayai untuk atribut lomba dan pertunjukan.3. Orang tua sebagai pemberi perhatian, dari hasil yang didapatkan bahwa orang tua memberikan motivasi dengan, mengantar menjemput anak pada saat latihan, orang tua, mendampingi anak saat latihan maupun lomba dan orang tua memberian perhatian kepada anak berupa pujian atau semangat. Sedangkan peranan sekolah yaitu 1. Guru sebagai pembimbing meliputi mendidik melatih dan mengevaluasi kegiatan latihan ekstrakurikuler siswa 2. Guru sebagai motivator 3. Guru sebagai evaluator 4. Guru sebagai pelayanan administrasi. Guru mendidik siswa untuk bertanggung jawab, menumbuhkan rasa percaya diri ,guru melatih gerakan dan pola lantai secara langsung, guru juga memberikan kepercayaan kepada siswa untuk tutor sebaya dan memberikan kritik dan saran ketika siswa kurang fokus latihan tari. Kata kunci : Ekstrakurikuler seni tari, peranan orang tua dan sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:52
Last Modified: 11 Sep 2023 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15679

Actions (login required)

View Item View Item