PENGEMBANGAN LKPD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Hekmatulaini, Elwisa and Puspa, Djuwita and Sri, Dadi (2020) PENGEMBANGAN LKPD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Pdf...pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pada Pembelajaran Tematik menggunakan model role playing di kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Penelitsian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model 4-D oleh Thiagarajan dan Sammel. Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Develop (Pengembangan). Validasi dilakukan oleh ahli RPP dan ahli LKPD. LKPD yang dikembangkan diberi nilai dan tanggapan oleh 8 Siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif terhadap penilaian validasi ahli dan tanggapan siswa serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dari validasi ahli dan tanggapan siswa. Penelitian ini menghasilkan pengembangan LKPD Pada pembelajaran tematik menggunakan model role playing dengan penilaian dari ahli LKPD pada tahap 1 sebesar 78, 15 dengan kategori baik, pada tahap 2 sebesar 89, 20 dengan kategori sangat baik dan tanggapan siswa sebesar 90 dengan kategori sangat baik. Jadi, penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan model role playing pada pembelajaran tematik pada kelas V SD dapat dikategorikan sebagai LKPD yang sangat baik dan dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: LKPD, Pengembangan, Role Playing, Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:53
Last Modified: 11 Sep 2023 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15684

Actions (login required)

View Item View Item