Nirmala, Linda and Karjiyati, Karjiyati and Neza, Agusdianita (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Linda Nirmala, A1G016010, PGSD.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika rumah adat Bumbungan Lima. Penelitian ini adalah penelitian Research and development dengan modifikasi model 4-D yaitu define, design, develop, dan desseminate. Tetapi pada penelitian ini hanya dilaksanakan tiga tahap yaitu define, design, develop. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket tanggapan guru dan Instrumen Analisis RPP. Perangkat pembelajaran yang di analisis berupa RPP dan media. Teknik analisis data RPP menggunakan analisis aiken dan statistik deksriptif. Teknik analisis media dan hasil tanggapan guru mengunakan analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka kesimpulannya yaitu RPP dan Media yang telah divalidasi oleh para ahli telah memenuhi kriteria tinggi dan sangat tinggi tentunya perangkat pembelajaran ini sangat baik digunakan. Sedangkan hasil penilaian uji tanggapan oleh guru didapat hasil rata-rata 88,09 yang termasuk kriteria sangat baik. Perangkat pembelajaran model Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika rumah adat Bubungan Lima berupa RPP 4 RPP dengan model RME berbasis etnomatemtika. RPP tersebut mencakup materi yaitu keliling persegi dan persegi panjang, keliling segitiga, luas persegi dan persegi panjang, luas segitiga dan media pembelajaran miniatur Bubungan Lima. Kata kunci : Realistic Mathemathics Education, Etnomatematika
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:53 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:53 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15702 |
Actions (login required)
View Item |