ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK MENURUT ISLAM DALAM QS.LUQMAN

Adilla, Ulfa and Lukman, Lukman and Feri, Noperman (2020) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK MENURUT ISLAM DALAM QS.LUQMAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ULFA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan peran orang tua dalam mendidik anak menurut Islam berdasarkan analisis tafsir surat Luqman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data primer yang digunakan adalah Al-Qur‟an dan Terjemahannya, dan kitab Tafsir Ibnu Katsir. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian dari analisis tafsir Al-Qur‟an surat Luqman ayat 13-19 menunjukkan bahwa Luqman dalam menjalankan perannya sebagai orang tua adalah : menjadi teladan bagi anaknya dengan menggunakan metode pendidikan keteladanan dan metode nasihat. Adapun konten pendidikan yang terdapat surat Luqman ayat 13, 16, 17, 18, 19 ialah jangan menyekutukan Allah, setiap perbuatan yang dilakukan akan ada balasannya, mendirikan shalat, berbuat baik, nahi mungkar, sabar, jangan memalingkan muka, jangan angkuh, sederhana dalam berjalan, dan melunakkan suara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peran orang tua sebagai teladan dalam surat Luqman ayat 13, 16, 17, 18, dan 19 menggunakan metode pendidikan dengan nasihat dan metode pendidikan dengan keteladanan serta terdapat konten pendidikan akidah, pendidikan akhlak, dan pendidikan ibadah. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pendidikan Anak, Al-Qur’an Surat Luqman

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:00
Last Modified: 11 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15706

Actions (login required)

View Item View Item