STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 01 KOTA BENGKULU

Kurniawan, Mardeo and Sridadi, Sridadi and Pebrian, Tarmizi (2020) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi Mardeo Kurniawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang paling efektif antara model Cooperative Learning Tipe Team Game Torunament (TGT) dengan Jigsaw pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dengan kelas IV B berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas IV A berjumlah 26 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes dan lembar observas. Teknik pengambilan data berupa tes dan observasi. Uji coba Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Kesimpulan penelitian, model Cooperative Learning Tipe Team Game Torunament (TGT) lebih efektif daripada Jigsaw pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Cooperative Leraning, Model Team Game Tournament, Model Jigsaw, Hasil Belajar, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:53
Last Modified: 11 Sep 2023 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15709

Actions (login required)

View Item View Item