POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH (STUDI KASUS POLA ASUH ORANG TUA)

Zakaria, Syaqinah Ananda and Sri, Ken Kustianti and Herman, Lusa (2020) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH (STUDI KASUS POLA ASUH ORANG TUA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SYAQINAH ANANDA ZAKARIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar di rumah . Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak sekolah dasar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah peranan orang tua dalam membimbing anak, sedangkan yang menjadi subjek penelitian berjumlah 2 orang yang terdiri dari suami dan istri. pengabsahan data menggunakan triangulasi, analisis data yang digunakan yaitu data collecting, data reduction, data dan dislay dan conclusion. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh demokratis dalam meningkatkan motivasi belajar anak di rumah. Disimpulkan bahwa pola asuh demokratis dapat mendukung anak agar mandiri dan mempunyai kepercayaan diri dalam dirinya dan merasa percaya diri yang tinggi dalam diri anak. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:55
Last Modified: 11 Sep 2023 08:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15732

Actions (login required)

View Item View Item