SENGKETA TANAH HAK GUNA USAHA PT CITRASAWIT HIJAU SUBUR DENGAN MASYARAKAT DI DESA TINGGI ARI KECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR

TAUFIK, ILHAM and Herawan, Sauni and Hamdani, Ma’akir (2021) SENGKETA TANAH HAK GUNA USAHA PT CITRASAWIT HIJAU SUBUR DENGAN MASYARAKAT DI DESA TINGGI ARI KECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
PDF SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status HGU PT Citrasawit Hijau Subur yang menjadi objek sengketa antara PT Citrasawit Hijau Subur dengan masyarakat Desa Tinggi Ari karena HGU PT Citrasawit Hijau Subur yang semulanya milik masyarakat Desa Tinggi Ari yang tidak memiliki sertipikat hak milik atas tanah sehingga tanah tersebut tidak memiliki kepastian hukum, dari sini ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab mencari keuntungan mengaku sebagai pemilik tanah yang sah. Apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya sengketa antara PT Citrasawit Hijau Subur dengan masyarakat Desa Tinggi Ari serta penyelesaian sengketa yang terjadi antara PT Citrasawit Hijau Subur dengan masyarakat Desa Tinggi Ari, Kecamatan Tanjung Kemuning, Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, yang mana dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Kemudian data di analisis dengan dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih banyak tanah milik masyrakat di Desa Tinggi Ari yang penguasaannya hanya secara fisik belum penguasaan secara hukum atau tidak terdaftar di ATR/BPN Kabupaten Kaur, sehingga rentan terjadinya sengketa. Sengketa tanah antara kedua belah pihak telah diselesaikan secara musyawarah mufakat. Kata kunci: Sengketa Tanah Hak Guna Usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:19
Last Modified: 13 Sep 2023 06:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15838

Actions (login required)

View Item View Item