Putri, Viona Dwi and Padi, Utomo and Agus, Trianto (2022) KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi Viona Dwi Putri .pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 341 siswa dengan teknik random sampling 51 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis teks berita dengan tema prestasi sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong adalah 72,09 (tinggi). Adapun kemampuan masing-masing aspeknya, yaitu rata-rata kemampuan menulis teks berita pada aspek unsur-unsur berita tergolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 23,64, aspek struktur berita tergolong sedang dengan nilai rata-rata siswa 14,71, aspek kebahasaan tergolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 14,16, aspek diksi terrgolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 12,08, dan aspek PUEBI tergolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 7,5. Rincian kemampuan menulis teks berita siswa yaitu: 7 siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, 20 siswa termasuk dalam kategori tinggi, 18 siswa termasuk dalam kategori sedang, 6 siswa termasuk dalam kategori rendah. Dan tidak ada siswa dengan kategori sangat rendah. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Berita, Prestasi Sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15869 |
Actions (login required)
View Item |