PERTANGGUNGJAWABAN PROVIDER SELULER TERHADAP KEBOCORAN DATA PRIBADI PENGGUNA BERDASARKAN UNDANG-UNDANGAN NOMOR 36 TAHUN 1999 TENTANG TELEKOMUNIKASI

Shabrina, Nasution and Amirizal, Amirizal and Tri, Andika (2021) PERTANGGUNGJAWABAN PROVIDER SELULER TERHADAP KEBOCORAN DATA PRIBADI PENGGUNA BERDASARKAN UNDANG-UNDANGAN NOMOR 36 TAHUN 1999 TENTANG TELEKOMUNIKASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Shabrina_Nasution_B1A017115_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan data pribadi di Indonesia diatur dalam undang-undang yang tersebar di berbagai sektor, salah satunya sektor telekomunikasi. Meskipun telah diakomodir dalam peraturan undang-undang, kasus kebocoran data pribadi di Indonesia masih menuai polemik. Berkaitan dengan masalah tersebut, terdapat kasus kebocoran data pribadi Denny Siregar yang dilakukan oleh pegawai outsoucing provider seluler Telkomsel. Namun, pertanggungjawaban atas kebocoran data hanya diberikan kepada individu yang mengakses data pribadi secara ilegal. Padahal Telkomsel sebagai pengendali data juga memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan data pribadi penggunanya. Penelitian ini menganalisis mekanisme perlindungan dan pertanggungjawaban provider seluler sebagai pengendali data ketika terjadi kebocoran data pribadi penggunanya berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mekanisme perlindungan data pribadi pengguna provider seluler terdiri dari tahapan perizinan penyelenggaraan jasa telekomunikasi, dan tahap pembinaan yang meliputi pengaturan standarisasi penyelenggaraan jasa telekomunikasi, pengawasan dan pengendalian serta (2) bentuk pertanggungjawaban provider seluler terhadap kebocoran data pribadi pengguna dapat berupa pertanggungjawaban perdata dan langkah pencegahan resiko meliputi investigasi internal dan pemberitahuan kepada pengguna perihal terjadinya kebocoran data pribadi. Kata Kunci: Pertanggungjawaban, Provider Seluler, Data Pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:39
Last Modified: 13 Sep 2023 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15884

Actions (login required)

View Item View Item