TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR:1555K/PID.SUS/2019 TENTANG PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI

BOWIE, HARASWAN and Antory, Royan A and Susi, Ramadhani (2020) TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR:1555K/PID.SUS/2019 TENTANG PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Putusan Mahkamah Agung Nomor: 1555K/Pid.Sus/2019 dalam perkara kasus tindak pidana korupsi atas nama terdakwa Syafruddin Arsyad Temenggung merupakan putusan yang menarik perhatian masyarakat luas karena dalam pertimbangan Mahkamah Agung menilai perbuatan terdakwa terbukti, akan tetapi perbuatan itu tidak merupakan suatu tindak pidana maka hakim menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hukum (Onstlagvanallerechvervolging). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mengkaji apa yang menjadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hukum dan apakah putusan hakim telah sesuai dalam perspektif tujuan hukum. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum normatif dengan pendekatan kasus dan pendekatan undang-undang. Sumber penelitian berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan tersier. Metode pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini dilakukan dengan cara penelusuran kepustakaan. Metode pengolahan bahan hukum dilakukan secara sistematis, logis dan rasional dari bahan hukum yang diperoleh. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis yuridis kualitatif. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa : (1) pertimbangan majelis hakim dalam menjatuhkan putusan lepas dari tuntutan hukum didasarkan kepada perbuatan tersebut bukan tindak pidana, melaksanakan perintah jabatan serta adanya suatu kebijakan terkait dengan peristiwa tersebut. (2) putusan Mahkamah Agung belum menggambarkan kepada tujuan hukum yaitu, asas keadilan, kepastian dan kemanfaatan. Kata Kunci : Tinjauan yuridis, Putusan, Korupsi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:54
Last Modified: 18 Sep 2023 03:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15983

Actions (login required)

View Item View Item