RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KETAPANG KENCANA (TERMINALIA MANTALYH.PERRIER) TERHADAP KOMPOSISI MEDIA BERBASIS LIMBAH SAWIT UMUR 1 BULAN DAN PEMBERIAN PUPUK NPK

Rizki, Robiah and Putranto, BAN and Enggar, Apriyanto (2022) RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KETAPANG KENCANA (TERMINALIA MANTALYH.PERRIER) TERHADAP KOMPOSISI MEDIA BERBASIS LIMBAH SAWIT UMUR 1 BULAN DAN PEMBERIAN PUPUK NPK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RIZKI ROBIAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tanaman yang memiliki nama latin Terminalia mantaly H.Perrier ini merupakan jenis tanaman pelindung. Tanaman ketapang kencana mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 10-20 meter dengan batang berdiri tegak, rapi dan memiliki ranting ramping yang tumbuh lurus, daun berukuran kecil berwarna hijau terang, sedangkan bunganya berwarna kehijauan saat muda dan berwarna kecoklatan saat tua. Bibit ketapang kencana yang berkualitas baik dan layak ditanam memiliki batang yang kokoh dengan serat yang padat, untuk bibit yang siap tanam minimal harus berukuran 7 cm hingga 15 cm dengan jumlah daun lebih dari 5 helai.Selain itu, bibit tidak boleh dalam keadaan layu daun atau cacat, ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan bentuk pohonnya saat dewasa nanti, setelah anda mendapatkan bibit ketapang yang layak tanam, anda harus menyiapkan media tanam, dimana media tanam merupakan penentuan dalam kelancaran produksi kualitas bibit. Media tanam yang baik adalah media tanam yang mampu menyediakan air dan unsur hara dalam jumlah cukup bagi pertumbuhan bibit, dengan memiliki tata udara dan air yang baik, agregat mantap, kemampuan menahan air baik dan ruang untuk perakaran yang cukup jenis dan sifat media tanam berperan dalam ketersediaan unsur hara dan air sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman. Dimana menggunakan media tanam seperti pupuk kandang dan serat kelapa sawit serta pemberian dosi NPK. Penelitian ini bertuajuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media terhadap pertumbuhan ketapang kencana, untuk mengetahui pengaruh pupuk NPK terhadap pertumbuhan Ketapang Kencana dan untuk mengetahui pengaruh interaksi komposisi media dan pemberian dosis NPK terhadap pertumbuhan ketapang kencana. Penelitian ini dilaksanakn bulan November 2020 – Februari 2021 di Persemaian Kehutanan dan Laboratorium Kehutanan Universitas Bengkulu. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis ANOVA dengan uji lanjut BNT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon pengaruh pertumbuhan ketapang kencana terhadap komposisi media berpengaruh nyata secara mandiri terhadap variabel pertambahan tinggi, dan berpengaruh berinteraksi terhadap komposisi dan pemberian dosis NPK pada variabel jumlah daun, diameter batang, akar terpanjang, berat basah daun, berat basah batang, berat basah akar, berat basah total, berat kering daun, berat kering batang, berat kering akar, dan berat kering total. Pemberian dosis NPK tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi. Namun berpengaruh terhadap komposisi dan pemberian dosis NPK pada variabel jumladah daun, diameter batang, akar terpanjang, berat basah daun, berat basah batang, berat basah total, berat kering daun, berat kering batang, berat kering akar, dan berat kering total. Hasil terbaik dari interaksi antara komposisi media dan pemberian dosis NPK adalah pada kombinasi D3P5 (dosis NPK 1,5 g dan serat buah kelapa sawit 25% + pupuk kandnag sapi 75%).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:02
Last Modified: 18 Sep 2023 08:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15988

Actions (login required)

View Item View Item