PUTRI, KARINA DWI and Yessy, Elita and Arsyadani, Mishbahuddin (2021) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING (PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_KARINA DWI PUTRI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten menggunakan media pembelajaran videoscribe untuk meningkatkan self regulated learning siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 173 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII B rombongan belajar genap berjumlah 14 siswa yang memiliki tingkat self regulated learning rendah. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan adanya peningkatan self regulated learning siswa setelah diberikannya layanan penguasaan konten menggunakan media pembelajaran videoscribe. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -12,434. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap self regulated learning siswa sebelum dan sesudah diberikannya layanan penguasaan konten menggunakan media pembelajaran videoscribe siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Self Regulated Learning, Videoscribe, Layanan Penguasaan Konten
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 02:26 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 02:26 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16118 |
Actions (login required)
View Item |