PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SCALING TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA KELAS XI PERHOTELAN DI SMKN 7 KOTA BENGKULU

PRANATA, WISNU and Syahriman, Syahriman and Rita, Sinthia (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SCALING TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA KELAS XI PERHOTELAN DI SMKN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WISNU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik scaling terhadap pengambilan keputusan karier siswa XI Perhotelan 3 di SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. Metode pada penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Perhotelan 3 di SMK Negeri 7 Kota Bengkulu berjumlah 22 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 6 orang siswa dari kelas XI Perhotelan 3 di SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data mengunakan kuisoner dengan skala model Likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pengambilan keputusan karier siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik scaling sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment adalah 115 dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 148 dalam kategori tinggi. Hasil Uji T menunjukkan nilai t= -10,688 dan sig (2-tailed) 0.000 Artinya 0,000. Kata kunci: Pengambilan Keputusan Karier, Konseling Kelompok, Teknik Scaling

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:38
Last Modified: 21 Sep 2023 07:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16153

Actions (login required)

View Item View Item